Klepon - maling Sadis Film Warkop

klepon warkop
    Secara umum klepon adalah jajanan pasar tradisional khas Indonesia yang terbuat dari tepung ketan, berbentuk bulat dengan warna dominan hijau. Pada bagian dalamnya diisi dengan irisan gula merah, sementara bagian luarnya ditaburi parutan kelapa. Konon katanya kue ini diperkenalkan pertama kali oleh seseorang asal Pasuruan, Jawa Timur. Saat itu, klepon jadi menu yang ditawarkan di restoran Indonesia-Belanda dan etnis Tionghoa.

    Di Beberapa provinsi di Indonesia, sebut saja Sumatra dan Sulawesi, klepon juga dikenal dengan nama Onde-Onde seperti yang ada pada scene film warkop dalam judul "Lupa Aturan Main" 1990 yang disebutkan bahwa jajanan yang berbentuk klepn ini disebut dengan nama onde-onde, jajanan ini menjadi favorit seorang maling karena bukan perhiasan tapi klepon ini yang lebih menarik perhatian si maling, yang paling nyentrik adalah dari dandanan si perampok itu yang diperankan oleh Ali Zainal Abidin Zetta.

    Sementara di Jawa dan bagian lain di Indonesia, onde-onde adalah kue jajanan pasar yang dibuat dari tepung beras dan berisi adonan kacang hijau. Ternyata, klepon memiliki filosofi dan mengandung pelajaran moral. Klepon juga dikatakan melambangkan kesederhanaan yang terlihat dari bahan-bahan sederhana yang digunakan untuk membuatnya. Warna hijau pada klepon yang berasal dari daun suji pandan yang melambangkan kesejahteraan dan kesuburan. Itu menggambarkan pulau-pulau di Indonesia yang menempati tanah-tanah yang subur dan banyak ditumbuhi pepohonan hijau.

    Pelajaran moral lainnya yang ada pada klepon adalah mengajarkan kepada kita ketika makan jangan dengan mulut terbuka atau sambil berbicara. Makna itu akan sangat terasa ketika kita memakan klepon dengan mulut yang harus tertutup dan tak berbicara saat mengunyah. Karena bila kita bicara saat mengunyah, isi klepon yang merupakan gula aren cair akan muncrat keluar dari mulut kita. Sederhana bukan, tapi sesuai dengan kultur dan budaya Indonesia.

    Peran Antagonist kurang mendapat perhatian lebih dari kenyakan orang, umumnya peran protagonist lah yang paling menjadi idola karena menjadi tokoh utama, biasanya sebagai jagoan utamanya. Terinspirasi dari peran maling pada film warkop judul "Lupa Aturan Main" pada tahun 90an, secara kostum ini sangat keren dan sangat sadis, namun tetap kocak karena perhatiannya terhadap jajanan onde-onde (klepon).

klepon warkop

klepon warkop

klepon warkop

klepon warkop


Next Post Prev Post
No Comment :
Add Comment
comment url